Selasa, 17 Juni 2014


Pemanfaatan Sumber Daya Alam
            Indonesia merupakan negara yang terletak di benua Asia bagian tenggara. Secara astronomi Indonesia berada di daerah iklim tropis. Curah hujan yang baik, ketersediaan sinar matahari yang cukup serta kekayaan alam yang melimpah. Dari sabang hingga merauke tanah Indonesia menyimpan banyak kekayaan yang tak ternilai. Lautan yang luas, daratan dan udara yang bagus semua ada di bumi pertiwi ini. Inilah yang menjadikan negara Indonesia disebut negara yang kaya akan sumber daya alamnya.
            Sumber daya alam melimpah di negri ini merupakan sebuah anugrah dari Tuhan yang maha Esa. Ditinjau dari segi pertambangannya Indonesia memiliki banyak tempat yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai kesejahteraan masyarakat Indonesia. Ada banyak potensi tambang di Indonesia, yaitu batu bara, minyak, nikel, besi, emas dan masih banyak lagi. Salah satu contoh potensi tambang Indonesia yang melimpah adalah emas.
            Emas merupakan logam mulia dengan nilai ekonomis yan menjanjikan. Di abad 21 ini emas dijadikan sebagai alat tukar atau sering diesbut pengganti alat pembayaran. Bumi pertiwi Indonesia terdapat banyak tempat yang mengandung banyak logam mulia. Namun kekayaan tersebut belum bisa membuat masyarakat Indonesia sejahtera. Hal ini dikarenakan Indonesia belum bisa mengolah secara moderen logam mulia tersebut. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda penerus bangsa. Generasi muda harus mampu memanfaatkan kekayaan tambang ini secara bijak. Kekayaan tersebut harus bisa di manfaatkan sesuai dengan prosedur dan kondisi lingkungan.
Bangsa Indonesia sebenarnya ingin memanfaatkan kekayaan emas tersebut. Akan tetapi banyaknuya kendala menjadikan pengolahan emas di Indonesia di serahkan oleh negara adikuasa. Banyak alasan kenapa pengolahan emas di bumi pertiwi ini dikelola oleh negara adikuasa. Mulai dari persaingan pasar bebas, terbatasnya kemampuan sumber daya manusia, dan keputusan pemerintah yang sangat tidak berpihak bagi bangsa Indonesia.
Tanah cendrawasih papua merupakan salah satu wilayah yang kaya sumber daya alam emas. Namun yang terjadi adalah masyarakat asli dari bumi cendrawasih tidak bisa menikmati kekayaan yang ada di tanahnya. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan sumber daya alam berupa emas dikelola oleh perusahaan asing. Tantangan generasi muda skarang adalah bagaimana kita sebagai warga negara Indonesia bisa mengelola kekayaan emas tersebut. Disamping itu kebijakan pemerintah yang tepat juga berpengaruh dalam pengelolaan sumber daya alam.
Tanah di Indonesia yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah adalah di pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan mempunyaai kekakyaan alam yang meilmpah. Salah satu kekayaan alam tersebut yaitu batu bara. Batu bara merupakan bahan tambang dengan nilai ekonomis yang tinggi. Suatu kebanggaan yang dimiliki oleh Indonesia.
Kalimantan yang memiliki kandungan batu bara yang melimpah menyimpan banyak dilema. Adanya pengelolaan tambang batu bara dikalimantan mendatangkan pemasukan uang yang menjanjikan. Akan tetapi penegelolaan tambang di kalimantan masih banyak yang tidak mempedulikan dampak lingkungan. Dalam aktifitas pemanfaatan tambang batu bara membuat hutan di kalimantan menjadi rusak. Penggalian tambang batu bara yang tidak sesuai prosedur mengakibatkan banyaknya lobang-lobang besar yang sulit di jadikan lahan hutan kembali. Padahal peraturan pemerintah telah menjelaskan bahwa setiap pemanfaatan tambang batu bara harus mempedulikan dampak lingkungan yang ada.
Aktifitas tambang batu bara mengakibatkan rusaknya hutan yang ada di Kalimantan.  Rusaknya hutan tersebut berdampak bagi bangsa Indonesia terutama masyarakat Kalimantan. Satwa yang ada dikalimantan juga ikut merasakan dampak kerusakan hutan tersebut. Suatu hal yang miris ketika tambang batu bara bisa di kelola namun berdampak negatif bagi lingkungan.
Permasalahan tambang batu bara terhadap kerusakan hutan sebenarnya bisa diatasi. Salah satu cara yaitu dengan konservasi lahan bekas tambang. Konservasi hutan bekas tambang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kendala yang sering terjadi adalah tanah bekas pertabangan banyak mengandung zat-zat yang membuat akar pada tanaman mati. Banyaknya lubang-lubang bsear bekas pengelolaan tambang juga membuat kesulitan konservasi lahan bekas tambang.  Jika konservasi lahan bekas tambang sulit dijalankan, maka akan menimbulkan bencana bagi Indonesia bahkan dunia. Hal tersebut dikarenakan kalimantan merupakan salah satu paru-paru dunia. Jika banyak hutan yang rusak di wilayah Kalimantan maka akan menimbulkan perubahan ikilm dan menimbulkan bencana.
Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah menyimpan banyak kendala. Kendala-kendala tersebut bisa diatasi dengan peran serta seluruh bangsa Indonesia. Jika Indonesia mampu mengelola sumber daya alam dengan baik, maka Indonesia bisa menjadi negara yang maju. Semua permasalahan dan kendala yang dimiliki Indonesia dalam pemanfaatan berbagai sumber daya alam pasti bisa di atasi oleh bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar